Understanding Change (Part 4)

Tulisan ini adalah bagian terakhir dari 4 tulisan mengenai perubahan, khususnya dalam penerapan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran. Tulisan ini membahas tentang tingkat penggunaan.

4. Tingkat Penggunaan
Seperti ‘keharusan’ untuk memahami “jenis-jenis” perubahan, dan “Tingkat perhatian guru”, untuk dapat mentargetkan dengan lebih baik bantuan apa yang sebaiknya diberikan, anda juga harus menyadari tingkat penggunaan berkaitan dengan pengadopsian suatu inovasi (mis., komputer dari pembelajaran aktif). Dengan cara ini anda dapat menentukan tujuan individual bagi masing-masing guru, menyesuaikan tujuan anda, menawarkan bantuan yang sudah ditargetkan yang berbeda satu dari yang lainnya. Berkaitan dengan tingkat keprihatinan, gerakkan guru menyusuri kontinum atau rentang tingkat penggunaan ini— dari 0 (tidak menggunakan) sampai 6 (pembaharuan).

Anda akan melihat bahwa “Tingkat Perhatian” dan “Tingkat penggunaan” merupakan konsep yang saling melengkapi.

Diadaptasi dengan ijin dari SEDL. Hord, S. M., Rutherford, W. L., Huling, L., & Hall, G. E. (2006). Taking charge of change (Rev. ed). Austin, TX: Southwest Educational Development Laboratory, halaman 55.

Leave A Comment?

Captcha *