[Tips & Trick] Membuat ePortfolio di Kelase

ePortfolio adalah format elektronik/digital bagi siswa untuk : 1. Merekam hasil dan capaian belajar, 2. Merefleksikan pembelajaran dan 3. Membagi hasil pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik (feedback) dari rekan sejawat/siswa lain atau guru/fasilitator. ePortfolio sangat bermanfaat bagi Siswa karena mereka belajar keterampilan Abad-21, yaitu keterampilan komunikasi dan kreativitas, yang didapatkan dalam pembelajaran ketika Guru menugaskan mereka membuat e-Portfolio untuk merangkum pembelajaran dan membaginya kepada siswa lainnya.

Di Kelase, telah disediakan layanan ePortfolio untuk dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Para Guru dan Siswa dapat memanfaatkan fitur Catatan di dalam Pustaka Pribadi untuk menyusun ePortfolio. Pengguna dapat mengakses fitur ini pada menu Linimasa > Pustaka Pribadi > Catatan (lokasinya ada di tampilan layar sebelah kanan atas).

Fitur Catatan dalam Pustaka Pribadi
Fitur Catatan dalam Pustaka Pribadi

Di dalam halaman Catatan, pengguna dapat membuat Catatan baru dengan meng-klik tombol (+) atau Tambah Catatan. Selanjutnya pengguna diwajibkan untuk mengisikan Judul Catatan dalam kotak isian Judul Catatan serta menambahkan isi catatan dalam kotak isian Konten Catatan.

Menyusun konten ePortfolio di halaman Catatan dan mengunggah gambar dan file
Menyusun konten ePortfolio di halaman Catatan dan mengunggah gambar dan file

Pengguna juga dapat menambahkan Gambar dan File/Berkas dengan menggunakan fitur pengunggah file dan gambar dengan mengakses menu/tombol Unggah Berkas berbentuk bulat berwarna kuning dalam kotak editor teks Konten Catatan. Pengguna dapat memaksimalkan editor teks untuk memperkaya tampilan dan konten Catatan yang dibuat, misalnya dengan menambahkan Video dari YouTube dan Vimeo dengan memanfaatkan tombol Embed Media from External Site seperti pada gambar di bawah.

Menambahkan media dalam konten catatan
Menambahkan media dalam konten catatan

Nah dengan fitur Catatan, Guru dapat menerapkan penggunaan ePortfolio dalam pembelajaran untuk merekam hasil dan capaian belajar pribadi, merefleksikan pembelajaran dan membagi hasil pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik (feedback) dari rekan sejawat/siswa lain atau guru/fasilitator. Siswa dapat diberikan tugas membuat dan membagi ePortfolio sebagai bagian dari penilaian otentik. Selamat mencoba!

Winastwan Gora

About The Author

Leave A Comment?

Captcha *