Temu GuruInovatif #4 Membuat Game Pembelajaran dengan Microsoft Kodu Game Lab untuk Guru di Sumatera Utara

 

Bertempat di SMK Tritech Medan, Microsoft Partnes in Learning bekerjasama dengan Edukasi101 sukses menyelenggarakan Temu GuruInovatif #4 yang diisi dengan workshop “Membuat Game Pembelajaran dengan Microsoft Kodu Game Lab” untuk para guru di provinsi Sumatera Utara pada tanggal 20 November 2013.

Event pengembangan profesional guru ini diikuti oleh lebih dari 50 orang peserta yang terdiri dari Guru SD sampai SMK dari Medan dan sekitarnya. Acara yang dibuka oleh Ketua Yayasan Triadi Zulkifli, SE., S.Sos dan Kepala Sekolah SMK Tritech Drs. Suprianto ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dengan melatihkan pengembangan game memanfaatkan Microsoft Game Lab, sebuah aplikasi gratis untuk membuat game di komputer dan X-Box (mesin game Microsoft).

 

Sesi Pembukaan Temu GuruInovatif #4 Sumatera Utara di SMK Tritech Medan

“Pemanfaatan game dalam pembelajaran membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak kaku” ungkap Andri Pradhana, salah satu Microsoft Partners in Learning Trainer tingkat nasional yang menjadi fasilitator dalam lokakarya kali ini. Dalam lokakarya ini, secara berpasangan, para peserta belajar secara hands-on mengembangkan permainan/game sesuai dengan mata pelajaran yang diampu di kelas. Diawali dengan perancangan skenario, hingga pemrograman di dalam Microsoft Kodu Game Lab. Di akhir sesi, kelompok peserta mempresentasikan hasil pengembangan game nya di hadapan peserta lainnya.

Fasilitator lokakarya, Andri Pradhana tengah memperkenalkan Microsoft Kodu Game Lab

Selain menyampaikan materi tentang Microsoft Kodu Game Lab, fasilitator juga memperkenalkan PIL Network sebagai jejaring sosial tempat para pendidik inovatif dari seluruh dunia berkomunitas serta memperkenalkan layanan Microsoft Office365 sebagai media kolaborasi dalam pembelajaran.

Peserta tengah asyik mengembangkan game pembelajaran dengan Microsoft Kodu Game Lab
Peserta yang tengah menyelesaikan game pembelajaran mereka sebelum dipresentasikan

Leave A Comment?

Captcha *