Peringati Hari Guru, Titian Foundation dan Kelase Luncurkan Portal Publikasi dan Kolaborasi Guru SD

Istilah Gemati, selain merupakan istilah dalam bahasa jawa yang berarti sungguh baik hati dan penuh kasih sayang, juga merupakan singkatan dari Gemar Mengintegrasikan Teknologi Informasi (dan) Komunikasi – Khusnul Aflah

Bertempat di Taman Pintar Kota Yogyakarta, pada tanggal 26 November 2015 yang bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional, Titian Foundation bekerjasama dengan Kelase meluncurkan media online untuk publikasi dan kolaborasi pembelajaran bernama Gugus Guru Gemati. “Portal ini hadir sebagai bagian dari tindak lanjut program ICT for Education yang telah dirintis oleh Titian Foundation dengan dukungan dari Reach Out to Asia (ROTA) dan Qatar Petroleum untuk sekolah-sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Klaten, Jawa Tengah sejak September 2013 yang berakhir pada November 2015” ungkap Khusnul Aflah, Program Manager ICT for Education Titian Foundation.

“Istilah Gemati, selain merupakan istilah dalam bahasa jawa yang berarti sungguh baik hati dan penuh kasih sayang, juga merupakan singkatan dari Gemar Mengintegrasikan Teknologi Informasi (dan) Komunikasi. Gemati diharapkan menjadi tagline penyemangat bagi guru agar terus terbiasa dan kemudian menjadi gemar mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran” ujar Aflah.

Pendandatanganan Kerjasama antara Titian Foundation dan Kelase di Acara ICT for Education Festival
Pendandatanganan Kerjasama antara Titian Foundation dan Kelase di Acara ICT for Education Festival

“Para guru dapat memanfaatkan media online ini untuk berbagi berita maupun praktik-praktik yang baik (good practices) dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung kegiatan di sekolah, baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan non-pembelajaran. Selain berbagi, portal ini juga bisa menjadi media bagi guru untuk berkolaborasi secara online dalam bentuk pengembangan kelas online” ungkap Aflah.

Portal GugusGuruGemati.Org yang berbasis Kelase
Portal GugusGuruGemati.Org yang berbasis Kelase

Kegiatan peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan kerjasama antara Titian Foundation dengan Kelase di acara ICT for Education Festival, yang merupakan acara pameran praktik yang baik dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan serta ajang penampilan karya seni siswa, yang dilangsungkan selama satu hari di lokasi yang sama. “Kelase berkomitmen untuk mendukung kolaborasi guru dan siswa di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah maupun persebaran informasi praktik yang baik dari guru ke guru tentang pembelajaran inovatif. Dengan portal ini kami berharap dapat mendukung akselerasi perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia” ungkap Brimy Laksmana CEO Kelase.

Komunitas Guru Sekolah Dasar di Portal GugusGuruGemati.Org
Komunitas Guru Sekolah Dasar di Portal GugusGuruGemati.Org

“Para guru merasa sangat terbantu dengan adanya portal ini, karena mereka dapat berkomunikasi lebih mudah dengan guru-guru lain tentang pembelajaran dan pemanfaatan TIK di sekolah lewat fitur jejaring social dan obrolan audio/video. Di dalam portal ini para guru juga dapat berkomunitas secara virtual dalam grup-grup sesuai dengan kelas atau tingkat pendidikan yang diampu. Selain itu, para guru juga dapat berbagi/mempublikasikan praktik yang baik dari pengajaran yang telah dilakukan di kelas. Praktik yang baik yang terpublikasikan tersebut dapat digunakan untuk mendukung peningkatan karir Guru, dengan adanya publikasi yang ber-ISSN (dalam proses)” ungkap Brimy Laksmana.

Para Guru yang Berkolaborasi Menggunakan Layanan Konferensi Video di Portal GugusGuruGemati.Org
Para Guru yang Berkolaborasi Menggunakan Layanan Konferensi Video di Portal GugusGuruGemati.Org
Winastwan Gora

About The Author

Leave A Comment?

Captcha *