Mengenal Netiket, Etika di Dunia Maya (Bagian 4)

Lanjutan dari tulisan sebelumnya, yaitu membahas tentang Aturan 3: Ketahuilah di mana anda berada dalam cyberspace.

  • Netiket berbeda dari satu domain ke domain lainnya.
  • Apa yang secara baik diterima dalam satu daerah/tempat mungkin dianggap sangat kasar di tempat lain. Sebagai contoh, dalam kebanyakan kelompok diskusi TV, membicarakan gosip yang tidak berdasar diperbolehkan. Akan tetapi memberikan suatu rumor yang belum terbukti kebenarannya dalam sebuah mailing list wartawan dapat membuat anda sangat tidak populer.
  • Dan karena Netiket berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya, penting untuk diketahui di mana anda berada. Berikut ini adalah akibat wajarnya:
  • Intailah sebelum anda melangkah
  • Apabila anda memasuki sebuah domain cyberspace yang baru bagi anda, lihatlah sekeliling anda. Luangkan sedikit waktu untuk mendengarkan obrolan atau membaca arsipnya. Coba rasakan bagaimana orang-orang yang sudah berada di sana bertindak. Setelah itu, silakan berpartisipasi.

Aturan 4: Hormatilah waktu dan bandwidth orang lain

  • Hanyalah sebuah klise kalau orang katakan bahwa kita pada saat ini mempunyai waktu yang tidak sebanyak waktu yang dimiliki sebelumnya, sekalipun (atau mungkin karena) memang sekarang ini kita tidur lebih sedikit dan mempunyai peralatan untuk menghemat pekerjaan dibandingkan dengan nenek moyang kita. Ketika anda mengirim sebuah email atau posting ke sebuah kelompok diskusi, anda memakai waktu orang lain (atau anda berharap demikian). Adalah tanggung jawab anda untuk memastikan agar waktu yang mereka habiskan untuk membaca posting anda tidak dibuang sia-sia.
  • Istilah “bandwidth” kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk waktu, tetapi sebetulnya kedua kata itu berbeda. Bandwidth adalah kapasitas kabel dan saluran pembawa informasi yang menghubungkan kita satu dengan yang lainnya di cyberspace. Ada keterbatasan jumlah data yang dapat dibawa oleh selembar kabel pada suatu saat tertentu, bahkan kabel optik state of the art sekalipun. Istilah “bandwidth” sering juga digunakan untuk menggambarkan kapasitas tampungan sebuah sistem host. Bilamana anda secara tidak sengaja melakukan posting catatan yang sama ke kelompok berita yang sama sebanyak lima kali, anda membuang-buang waktu (waktu orang-orang yang harus mengecek lima kopi posting) dan bandwidth (dengan mengirimkan informasi berulang lewat kabel dan memintanya untuk disimpan di suatu tempat tertentu)
  • Anda bukanlah pusat dari cyberspace
  • Barangkali peringatan seperti ini dianggap berlebihan oleh kebanyakan pembaca, tetapi saya masukan juga di sini sebab bila anda bekerja keras dengan sebuah proyek dan terlibat di dalamnya secara mendalam, sangat mudah untuk melupakan bahwa orang lainpun mempunyai keprihatinan selain anda. Karena itu, jangan harapkan ada jawaban instan untuk setiap pertanyaan anda, dan jangan asumsikan bahwa semua pembaca akan setuju dengan, atau peduli dengan argumentasi anda yang berapi-api

Aturan-aturan bagi kelompok diskusi

  • Aturan 4 mempunyai sejumlah implikasi untuk pengguna kelompok diskusi. Kebanyakan pembaca kelompok diskusi telah menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer; hal-hal lain yang penting, keluarga dan teman kamar memukul sesuatu dengan jarinya dan tidak tahan menunggu kapan makan malam disiapkan, sedangkan para maniak internet masih terus mengejar cara terkini untuk memasuki rumah (housebreak) untuk mendapatkan seekor anak anjing atau memasak zucchini.
  • Dan banyak program pembacaan pesan memang lamban, karena itu hanya membuka satu catatan posting atau sebuah artikel saja sudah butuh waktu yang lumayan lama. Setelah itu pembaca harus ‘mengarungi’ informasi headernya untuk memperoleh inti beritanya. Tidak ada seorangpun yang senang kalau ternyata dari kesulitan itu mereka tidak dapat apa-apa. Untuk aturan yang lebih detil, lihat “Netiket untuk Kelompok diskusi” di halaman 65.
  • Pesan anda harus diarahkan kepada siapa? (Atau mengapa “mailing list” dapat menjadi sebuah kata kotor)
  • Pada zaman dulu, orang membuat kopi dengan menggunakan kertas karbon. Anda hanya dapat membuat lima kopi yang jelas terbaca. Dengan demikian anda harus berpikir dengan baik dan memeras otak mengenai kepada siapakah anda kirim kelima kopi itu.
  • Pada saat ini untuk mengkopi siapapun ke mail anda sama mudahnya dengan kalau anda tidak boleh melakukannya. Dan kadang-kadang kita menemukan diri kita sedang mengkopi orang lain sebagai suatu kebiasaan. Pada umumnya hal seperti ini tidak baik/kasar.

    Pada saat ini waktu kita terasa kurang dari pada sebelumnya, dan hal ini disebabkan oleh begitu banyak informasi yang harus diserap. Sebelum anda mengkopi orang pada pesan anda, tanyakan diri anda, apakah mereka benar-benar harus mengetahuinya. Kalau jawabanya tidak, jangan buang-buang waktu mereka. Kalau jawabanya barangkali, pikirkan dua kali sebelum anda menyentuh kunci untuk kirim.

Leave A Comment?

Captcha *