Mengenal Netiket, Etika di Dunia Maya (Bagian 1)

Apa Netiket itu? Jawaban yang sederhana ialah: itu adalah suatu etiket jaringan–yaitu, etiket mengenai cyberspace. Dan “etiket” berarti “bentuk-bentuk yang diharuskan oleh breeding yang baik atau yang ditentukan oleh suatu otoritas yang diharuskan dalam kehidupan sosial atau kehidupan resmi.” Dengan kata lain, Netiket adalah sekumpulan peraturan bagi kita untuk bertingkah laku yang pantas secara online.


Bilamana anda memasuki kebudayaan baru manapun, – dan cyberspace juga mempunyai budayanya sendiri – ada kemungkinan anda melakukan beberapa kesalahan sosial. Kemungkinan anda dapat membuat orang tersinggung tanpa anda sadari. Atau, anda bisa salah mengerti apa yang dikatakan orang dan sebaliknya anda tersinggung padahal mereka tidak bermaksud membuat anda tersinggung. Bahkan yang lebih parah ialah karena ini cyberspace maka anda mudah lupa bahwa anda sebetulnya sedang berinteraksi dengan manusia sungguhan – bukan hanya karakter ASCII di layar, tetapi karakter manusia hidup.

Jadi, sebagian sebagai akibat dari melupakan bahwa orang-orang online masih merupakan orang yang nyata, dan sebagian alasannya ialah karena mereka tidak mengetahui tentang konvensi, well-meaning cybernauts, terutama yang baru, maka berbagai kesalahanpun dibuat.

Tulisan Netiket mempunyai tujuan ganda: membantu net newbies meminimalisir kesalahannya, dan membantu cyberspace travelers yang berpengalaman untuk membantu newbies. Dasar pikiran buku itu ialah bahwa kebanyakan orang lebih ingin untuk memiliki kawan dari pada musuh dan kalau anda mengikuti beberapa aturan dasar, ada kemungkinan anda akan melakukan hanya sedikit kesalahan sehingga anda tidak terhalang untuk memiliki teman yang baru.

Daftar aturan inti dibawah ini, dan penjelasan yang diberikan dikutip dari sebuah buku. Aturan itu diberikan di sini sebagai sekumpulan pedoman umum bagi tingkah laku cyberspace. Peraturan-peraturan itu tidak akan menjawab semua pertanyaan anda tentang Netiket, tetapi darinya anda pasti mendapat beberapa prinsip dasar yang dapat digunakan dalam menyelesaikan dilema Netiket anda sendiri.

Leave A Comment?

Captcha *