Memahami Perubahan (Bagian 1)

Perubahan yang berkaitan dengan ICT (Information and Communication Technology) terjadi secara cepat dan dramatis. Sebaliknya, manusia dan organisasi cenderung untuk menolak perubahan atau menerimanya, tetapi perlahan-lahan. Tarik-menarik ini yaitu tarik-menarik antara perubahan yang cepat berkaitan dengan ICT dan penolakan terhadap perubahan individu atau organisasi—menandakan bahwa perubahan berarti pergolakan. Namun, perubahan diperlukan bagi pertumbuhan dan perbaikan.

Konflik di sekitar perubahan ini menuntut adanya dukungan berbasis sekolah dari orang atau dari pendamping untuk menemukan keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling berkompetisi dan untuk memajukan perubahan dalam cara pragmatis dan yang dipikirkan secara matang. “Agen perubahan” [i] ini membantu untuk memastikan agar para guru tidak meninggalkan inovasi hanya karena prosesnya sendiri membuat mereka takut. Bacaan ini akan memperkenalkan kepada anda beberapa informasi dasar mengenai perubahan, terutama:

Proses perubahan
“Jenis-jenis Perubahan”
“Tingkat Perhatian” guru mengenai perubahan
“Tingkat penggunaan” guru akan sebuah inovasi (yaitu ICT atau pengajaran yang berpusat pada siswa)

1. Proses Perubahan

Perubahan adalah suatu proses yang rumit dan untuk bekerja secara efektif dengan para guru, penting sekali untuk memahami berapa karakteristik berkaitan dengan proses perubahan. Apabila anda memahami proses perubahan, anda akan mengambil keputusan yang lebih didasarkan pada informasi tentang bagaimana membantu para guru dan mengurangi frustrasi anda. Berdasarkan hal ini, mari kita lihat beberapa karakteristik perubahan:

  • Dibutuhkan waktu yang lama untuk mempromosikan perubahan di sekolah: Kebanyakan riset mengatakan antara 5-7 tahun. Dan kita masih mengharapkan para guru untuk dapat memahami sesuatu yang rumit seperti ICT hanya dalam 2 atau 3 sesi seminar!
  • Untuk berubah, guru membutuhkan dukungan dan tekanan (pressure) yang sama: Mereka harus ditekan untuk merubah kebiasaan/praktek mereka dengan cara “ditinggikan” (“didongkrak”) untuk mencapai kinerja kepala sekolah atau pengawas. Akan tetapi, tekanan ini harus dikombinasikan dengan banyak sekali dukungan—dukungan SDM, material, logistik, instruksional dan emosional. Tekanan tanpa dukungan akan menghasilkan frustrasi dan bukan peningkatan. Tekanan dengan dukungan akan menghasilkan perubahan.
  • Perubahan bukan hal yang linier (bersifat garis lurus): Perubahan merupakan suatu perjalanan yang tidak mulus/rata. Bahkan para peneliti sering berbicara tentang “lubang-lubang implementasi.” Awalnya orang bisa bekerja sama dengan baik, memahami ide tentang pembelajaran aktif atau ICT tetapi tiba-tiba mundur, kembali ke kebiasaan lama atau menyerah. Inilah alasannya mengapa dibutuhkan seorang “follow-up person” untuk membantu membuat para guru tetap berada pada jalur.
  • Tidak semua guru bereaksi pada suatu inovasi (ICT, suatu cara mengajar yang baru) dalam cara yang sama: Ada yang menerima inovasi; ada juga yang menolak. Dalam bekerja sama dengan para guru, penting untuk dipahami “jenis-jenis perubahan” yang akan menunjukkan pola tingkah laku yang sama terhadap suatu perubahan yang diinginkan. Tentu saja tidak setiap orang akan persis cocok dengan ketegori-kategori seperti itu, tetapi pemahaman mengenai tipe-tipe perubahan seperti itu sangat bermanfaat.
  • Sekalipun kalau guru ingin menggunakan komputer untuk mengajar, dia akan mendekati penggunaan komputer ini dengan sejumlah kekhawatiran (concern). Kekhawatiran tersebut dapat dikategorikan dalam tingkatan-tingkatan yang berbeda, mulai dari bagaimana komputer mempengaruhi mereka (kekhawatiran diri/self concern) sampai dengan bagaimana menggunakannya (manajemen) dan apakah cocok dengan apa yang mereka kejar (adaptasi). Dengan mengidentifikasi tingkat perhatian guru, anda dapat mentargetkan bantuan dengan lebih baik kepada guru. Misalnya, apabila seorang guru khawatir tentang mengurus 40 siswa dengan hanya 1 komputer, anda harus bekerja sama dengan guru tersebut untuk mengatasi masalah ini.

Leave A Comment?

Captcha *