Kelase ~ Startup Inovatif di Bidang Pendidikan Online

 

Pelajaran di kelas sering terasa sangat membosankan bagi para siswa. Betapa tidak, berjam-jam duduk mendengarkan penjelasan dari bapak ibu guru menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Belum lagi tambahan setumpuk PR dan ulangan mendadak. Bila sudah begini tentu rasa jenuh semakin meningkat dan tak terbendung lagi. Akumulasi rasa jenuh akhirnya membuat para siswa malas belajar dan lebih memilih memainkan gadget atau smartphone ketimbang harus mempelajari kembali materi yang diajarkan di sekolah.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan bagi Brimy Laksmana dan Winastwan Gora untuk menciptakan sebuah layanan yang mampu memfasilitasi pembukaan kelas belajar online. #Startup tersebut kemudian lahir dan dikenal dengan nama Kelase. Kelase yang berdiri sejak tahun 2013 di bawah naungan PT. Edukasi 101 (edukasi101.com) merupakan buah pemikiran dan kerja keras dari Brimy dan Gora yang merupakan veteran intel di bidang teknologi pendidikan.

Sejarah Terciptanya Kelase

Kelase (www.kelase.com) mulai digagas oleh Brimy dan Gora berdasarkan pengalaman pribadi bahwa platform e-learning sangat bermanfaat dan membantu penyelesaian proyek mereka. Platform e-learning berbasis Learning Management System (LMS) merupakan perangkat menarik yang dapat diakses secara mobile dan menyediakan beragam fitur menarik layaknya #social media. Akhirnya dari penggunaan platform e-learning tersebut lahirlah gagasan untuk menciptakan Kelase sebagai fasilitator bagi kegiatan belajar mengajar secara online.

Kelase diciptakan dengan konsep jejaring sosial yang memfasilitas lingkungan belajar secara online baik untuk pendidikan formal dari tingkat SD hingga universitas maupun pendidikan non formal seperti kursus, bimbel, home schooling dan lainnya. Kehadiran Kelase diharapkan dapat menjembatani hubungan antara guru, siswa dan orang tua dalam kaitannya dengan dunia pendidikan.

Kelase Mempelopori Lingkungan Pendidikan Online Modern di Indonesia

Kelase berusaha menciptakan suasana lingkungan belajar online yang modern, kondusif dan tidak membosankan. Para guru atau dosen yang sedang berhalangan hadir untuk mengajar secara face to face dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan Kelase untuk membuka kelas belajar online. Tak hanya itu saja, para pengajar tersebut juga dapat membuat jadwal kegiatan akademik yang dicantumkan pada kalender online Kelase sehingga informasi kegiatan tersebut dapat dipantau oleh para siswa secara online.

Sementara itu, para siswa juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan Kelase untuk menyimpan berbagai dokumen yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, seperti video, e-book atau file dalam bentuk lain. Para pengguna Kelase akan saling terhubung satu sama lain, baik dengan para pengguna dari lembaga pendidikan yang sama maupun pengguna dari lembaga pendidikan lainnya.

Kegiatan belajar mengajar tak hanya berlangsung sesuai dengan subjek yang harus dipelajari. Para guru dan siswa juga dapat mengikuti beragam kelas edukatif yang tidak berkaitan dengan subjek yang sedang dipelajari.

Bila anda ingin menggunakan layanan dan fasilitas yang disediakan Kelase, anda tak dapat mendaftar sebagai individu. Kelase mengharuskan anda untuk mendaftarkan data institusi serta berbagai identitas lembaga pendidikan lainnya. Hal ini tentu dilakukan untuk menjaga kerapian database Kelase dan mempermudah proses klasifikasi bagi para pengguna Kelase.

Tantangan yang Dihadapi Kelase

Sebagai startup baru di bidang #pendidikan online, masih banyak hal yang harus difasilitasi dan dihadapi oleh Kelase sebagai suatu bentuk tantangan yang membangun. Salah satunya adalah masih rendahnya tingkat pemahaman TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi para pengajar di Indonesia.

Hal ini mengharuskan Kelase untuk membuat tutorial yang praktis dan mudah mengenai step by step penggunaan Kelase mulai dari proses registrasi, cara membuat kelas online, cara membuat jadwal kegiatan akademik serta beragam fungsi fitur lainnya.

Bukan hanya itu saja, salah satu hal yang juga dapat menjadi penghambat berkembangannya dunia pendidikan online Indonesia adalah kualitas koneksi internet yang belum mumpuni. Sehingga untuk hal yang satu ini, Kelase harus menyiasatinya dengan membuat operation system yang ringan dan mudah diaksesdengan koneksi internet yang pas-pasan.

Hingga pertengahan tahun 2014, Kelase sudah digunakan oleh lebih dari 80 lembaga pendidikan di Indonesia. Startup yang terbilang baru ini berencana untuk terus mengembangkan fitur baik fitur berbayar maupun fitur gratis untuk menarik para investor dan calon pengguna startup. Bagi anda yang tertarik dengan Kelase, anda dapat mengaksesnya melalui website Kelase atau mengunduh aplikasinya di Google Play secara gratis.

2 Comments

  1. ARFA

    Saya seorang pengajar matematika, sy kepingin sekali membuka kursus secara online, mhon bantuannya untuk hal tersebut
    makasih

    1. Kelase memungkinkan digunakan untuk menyelenggarakan kursus online. Silahkan kontak saya (gora@edukasi101.com) via email untuk diskusi selanjutnya. Terima kasih.

Leave A Comment?

Captcha *