Kelase Mulai Era Crowdsourcing, Ajak Guru dan Siswa Gotong Royong Majukan Pendidikan Indonesia

Istilah “crowdsourcing” mungkin masih asing di telinga kita. Crowdsourcing¬†merupakan cara kolektif dengan mengajak khalayak umum berpartisipasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh seorang individu maupun organisasi. Di Indonesia mungkin lebih akrab disebut dengan “Gotong Royong” namun Mas Ivan Lanin (aktivis Wikipedia Indonesia) lebih senang menyebutnya “Urun Daya”. Silahkan Anda pilih yang disuka ūüôā

Mengapa Kelase memulai crowdsourcing? Kualitas pendidikan adalah masalah bersama, dan kelahiran Kelase dilandaskan keinginan untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan crowdsourcing, kami mengajak para pengguna Kelase untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini.

Gotong royong adalah nilai luhur budaya bangsa Indonesia. Dengan gotong-royong atau kerjasama dalam menyelesaikan masalah bersama yang dihadapi, maka usaha kita akan menjadi lebih ringan karena dilakukan bersama. Begitu juga dengan masalah pendidikan di negeri ini, untuk menyelesaikannya, agar lebih ringan dan cepat, kita perlu untuk bergotong-royong. Dan Anda pengguna Kelase dapat menggunakan platform ini untuk bergotong-royong menyelesaikan masalah pendidikan di negeri ini. Bagaimana caranya? Kelase telah meluncurkan beberapa fitur untuk memungkinkan hal ini, yaitu:

Fitur Gotong Royong 1. Berbagi Pakai Bank Soal

Salah satu masalah yang dihadapi Guru adalah sulitnya mendapatkan soal yang berkualitas. Alangkah lebih baik jika kita dapat bersama membantu Guru lain untuk mendapatkannya. Kelase menghadirkan fitur baru agar Guru dapat berbagi pakai soal untuk evaluasi pembelajaran. Para Guru yang mampu mengembangkan soal evaluasi dapat mempublikasikan koleksi soal-soalnya yang berkualitas untuk dapat digunakan Guru-Guru lain di Indonesia dalam pembelajaran bersama para siswa.

Untuk membagi koleksi soal yang Anda miliki di Kelase, caranya adalah Sunting bank soal Anda dan ubah statusnya menjadi Publik, maka selanjutnya Bank Soal anda akan dapat dilihat oleh semua pengguna Kelase dan dapat di duplikasi dalam bank soal personal Guru lain dan dapat di modifikasi untuk dapat digunakan di dalam kelas online.

Tampilan bank soal publik di Kelase

Bank Soal ¬†yang dibagi ke publik dapat ditemukan di Pustaka Pribadi > Bank Soal di menu Bank Soal Publik.¬†Guru juga dapat memberikan apresiasi terhadap soal-soal yang dipublikasikan dengan memberikan rating (bintang) dengan nilai 1-5. Selain itu terdapat pula kotak “Kontributor Terbaik” yang menampilkan urutan para Guru/kontributor soal yang telah membagi soal-soal mereka sesuai urutan jumlah banyaknya soal yang dikontribusikan.

Fitur Gotong Royong 2. Berbagi Catatan

Masalah berikutnya yang ingin diselesaikan bersama di Kelase adalah, sulitnya siswa memahami materi yang diajarkan oleh Guru. Menurut beberapa literatur, siswa dapat dengan mudah belajar dari catatan siswa lainnya. Untuk itu Kelase meluncurkan fitur Catatan Publik, agar Guru dan Siswa dapat berbagi catatan ke semua pengguna Kelase. Dengan fitur ini Guru akan dapat belajar dari catatan/tulisan Guru lainnya, begitu juga dengan siswa. Dengan fitur ini Anda dan siswa Anda dapat berbagi catatan yang dimiliki untuk bersama-sama mencerdaskan Indonesia.

Cara untuk mempublikasikan Catatan yang telah Anda miliki ke semua pengguna Kelase adalah, Sunting Catatan dan atur Status-nya menjadi Publik untuk Kelase. Maka catatan Anda akan dapat dibaca oleh semua pengguna Kelase. Catatan Publik dapat ditemukan di Pustaka Pribadi > Catatan di menu Catatan Publik Kelase.

Tampilan halaman Catatan Publik

Guru dan Siswa juga dapat memberikan apresiasi terhadap catatan yang dipublikasikan dengan memberikan rating (bintang) dengan nilai 1-5. Selain itu terdapat pula kotak “Kontributor Terbaik” yang menampilkan urutan para kontributor Catatan Publik yang telah membagi catatan mereka sesuai urutan jumlah banyaknya catatan yang dikontribusikan.

Fitur Kelase Lainnya untuk Guru dan Siswa Indonesia

Kami selalu mendengarkan keinginan pengguna tercinta, untuk itu kami telah melakukan perbaikan fitur, khususnya pada Quiz di dalam Kelas, yaitu:

  1. Fitur Pratinjau Soal, tombol pratinjau dapat ditemukan di halaman Bank Soal, dengan tombol ini para Guru dapat melihat preview tampilan soal ketika ditampilkan ke para Siswa. Sehingga Guru dapat memastikan soal yang dibuat sudah benar dan bagus atau belum sebelum diberikan kepada para Siswa.
  2. Fitur pengacak soal, dimana soal-soal yang ditampilkan untuk siswa akan diacak oleh sistem urutan tampilnya. Untuk mengaktifkan mode soal acak, Guru dapat mengaturnya di menu Acak soal di dalam property Quiz di Kelas.
  3. Tampilan penghitung mundur yang lebih jelas dan selalu tampil di atas halaman, sehingga siswa dapat selalu melihat waktu penghitung waktu mundur dengan jelas tanpa harus menggeser layar ke atas.

Akhir kata, mari kita gotong royong di Kelase. Kami mohon dukungan Anda untuk berbagi koleksi soal dan catatan di Kelase, karena dari sedikit atau banyak dukungan yang Anda telah berikan pasti akan sangat bermanfaat bagi Guru atau Siswa lainnya. Ajak juga Siswa Anda untuk belajar berbagi disini untuk membantu Siswa lainnya yang menggunakan Kelase.

Terima kasih telah menjadi bagian dalam perjuangan memajukan pendidikan negeri tercinta! Salam pendidikan! Salam Kelase!

Winastwan Gora

About The Author

1 Comment

  1. Saifulbari

    Ruarrr biasa…..semoga tetap istiqomah dalam kebaikan

Leave A Comment?

Captcha *