[InnovatED] Kompetisi Guru Kreatif Kemendikbud LKG 2014 Diselenggarakan, Total Hadiah 427 Juta Rupiah Diperebutkan

 

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi tahunan untuk Guru Kreatif di seluruh Indonesia dalam kegiatan Lomba Kreatifitas Guru (LKG) tingkat Nasional Tahun 2014.

Lomba ini diperuntukkan bagi Guru dari tingkat TK sampai dengan SMA/SMK dengan hadiah yang sangat menggiurkan, dengan total hadiah senilai Rp. 427.000.000 jadi sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda para pendidik yang tertarik untuk ikut kompetisi ini, berikut adalah informasi lengkap yang dapat Anda baca dan sebar luaskan kepada rekan-rekan Guru lainnya:

Download Brosur LKG 2014 Bagian 1
Download Brosur LKG 2014 Bagian 2
Sedikit tips dari penulis, yang pernah punya pengalaman sebagai Juri LKG untuk penghargaan Intel Education Award beberapa kali adalah:

  1. Para juri saat ini lebih memilih inovasi pembelajaran yang mengintegrasikan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Jika karya Anda telah mengintegrasikan TIK, misalnya membuat media ajar, pemanfaatan TIK oleh siswa sebagai alat kerja dan pembuatan portfolio atau yang lainnya maka karya tersebut lebih berpeluang dibanding karya inovatif lain yang tidak menggunakan TIK.
  2. Fokuskan pada inovasi dalam implementasi Kurikulum 2013 dengan segala karakteristiknya seperti metode saintifik dan berbagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti Project Based Learning, Inquiry Based Learning, Problem Based Learning dan Discovery Learning.
  3. Untuk pemanfaatan ICT, alangkah lebih baik jika ICT dipergunakan oleh siswa, bukan oleh guru (misalnya sebagai alat presentasi/media tayang saja) dimana siswa hanya sebagai konsumen informasi bukan produsen informasi.
  4. Para juri, sebagian besar merupakan dosen perguruan tinggi penghasil Guru (LPTK) dan sebagian kecil merupakan Widyaiswara LPMP/P4TK, jadi upayakan karya tulis Anda memenuhi kaidah standar teknis penulisan dan metodologi penelitian.
  5. Sertakan bukti-bukti otentik berupa dokumentasi kegiatan pembelajaran, screenshot aplikasi, dll (jika perlu dalam susunan runtut) dalam lampiran dan olah dalam bentuk grafis yang menarik. Karena sesuai pengalaman, terdapat karya yang menarik, namun juri kurang mendapat informasi dalam karya tulis ketika menilai karena kurangnya informasi grafis, sehingga kadang mengurangi perolehan poin dari suatu karya.

Untuk memperoleh ide tulisan, jika Anda belum pernah menjadi finalis, maka Anda dapat menjelajahi karya dari para pemenang di Internet dan layanan web yang mendokumentasikan berbagai praktik terbaik pembelajaran inovatif seperti WapikWeb sebagai referensi.

Jika Anda berminat untuk mengangkat tema integrasi media sosial Kelase dalam pembelajaran, silahkan hubungi saya lewat email gora [at] edukasi101 [dot] com untuk mendapatkan dukungan/pendampingan teknis secara cuma-cuma.

 

Leave A Comment?

Captcha *