[InnovatED] 3 Aplikasi Gratis untuk Memperkenalkan Pemrograman Pada Anak

Memperkenalkan pemrograman kepada anak-anak sangat baik untuk melatih keterampilan berfikir, khususnya logika. Selain itu pemrograman dapat menjadi ajang kreativitas bagi anak-anak dalam mengekspresikan ide-idenya. Dengan antarmuka ramah anak dan cara pemrograman yang mudah, tiga aplikasi gratis (freeware) berikut dapat digunakan untuk melatihkan siswa atau anak anda sendiri keterampilan pemrograman.

Tiga aplikasi tersebut adalah: (1) Scratch yang dikembangkan oleh MIT Media Lab, (2) Kodu Game Lab yang dikembangkan oleh Microsoft, dan (3) Alice yang dikembangkan oleh University of Virginia.

1. Scratch, aplikasi pemrograman visual berbasis web ini dirancang seperti layaknya alat penyusun multimedia sehingga anak dapat dengan mudah belajar melakukan pemrograman. Di dalam website nya, Anda dapat menemukan lebih dari 3 juta karya telah diupload dan dapat digunakan sebagai contoh bagi para siswa. Untuk melakukan pemrograman, anak cukup melakukan drag n drop obyek dan memasukkan logika didalamnya sama seperti menggunakan Adobe Flash di tahap pemula.

Membuat Aplikasi dengan Scratch

2. Kodu Game Lab, aplikasi desktop buatan Microsoft ini merupakan alat pemrograman visual yang dirancang untuk membuat game 3 dimensi dengan cara yang mudah yang dapat dijalankan di komputer dan konsol game Microsoft Xbox. Membuat game di Kodu memang sangat mudah karena tidak menggunakan barisan kode yang panjang, melainkan menggunakan gambar-gambar sederhana yang sangat mudah dimengerti dalam merangkai kode program. Selain itu, dalam mode penulisan program, Kodu menggunakan tampilan 3 dimensi sehingga terlihat sangat menarik dan lebih nyata bagi anak-anak.

Microsoft Kodu Game Lab

3. Alice, adalah aplikasi pemrograman visual desktop yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Virginia sebagai perangkat untuk memperkenalkan pemrograman berbasis obyek. Anak-anak dapat melakukan pemrograman sekaligus melihat perubahannya secara langsung dalam lingkungan 3 dimensi.

Antarmuka Aplikasi Alice

Selamat mencoba dan selamat menularkan inovasi kepada anak didik Anda!

Leave A Comment?

Captcha *