[InnovatED] 3 Aplikasi Classroom Management Gratis untuk Komputasi 1:1

Sangat lazim terjadi jika di kelas para siswa diijinkan untuk membawa perangkat komputasi (tablet, netbook atau notebook) maka mereka akan lebih memperhatikan komputer yang mereka gunakan dibanding memperhatikan instruksi guru di depan kelas. Mereka akan sibuk sendiri mengakses berbagai aplikasi dibandingkan harus berkonsentrasi mendengarkan Anda memberikan instruksi.Dengan skenario kelas yang mengijinkan para siswanya menggunakan teknologi komputer, ada baiknya kelas Anda dilengkapi dengan aplikasi classroom management yang berfungsi untuk mengkontrol dan memonitor semua komputer siswa yang terkoneksi dalam jaringan lokal. Dengan aplikasi seperti ini, maka Anda dapat dengan mudah men-disable komputer siswa sehingga tidak dapat diakses ketika Anda memberikan instruksi, menyiarkan presentasi yang ada di komputer guru ke semua siswa dan banyak fungsi lain yang sangat membantu guru.

Aplikasi pengelola komputer di kelas yang beredar di pasaran rata-rata merupakan aplikasi berbayar, namun bagi Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu tanpa harus membelinya, berikut adalah 3 (tiga) aplikasi gratis yang telah kami pilihkan untuk Anda coba.

1. iTalc (Intelligent Teaching And Learning with Computers)

Tampilan iTalc (Intelligent Teaching And Learning with Computers)

Merupakan aplikasi gratis dan open source yang dapat digunakan untuk mengontrol komputer dengan sistem operasi GNU/Linux dan Windows. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat aktivitas siswa dengan komputer mereka, menyiarkan demo atau presentasi di komputer Anda ke semua siswa, mengunci komputer siswa agar memperhatikan Anda, mengirimkan pesan singkat ke komputer siswa, menghidupkan/mematikan komputer siswa dan beberapa fungsi lainnya. Kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

2. Epoptes

Tampilan Aplikasi Epoptes

Adalah aplikasi pengelola komputer di kelas yang mengkhususkan diri untuk sistem operasi GNU/Linux, artinya Epoptes hanya dapat digunakan di komputer dengan sistem operasi GNU/Linux seperti Ubuntu, Debian dan OpenSuse. Fungsi kontrol yang dapat dilakukan oleh Epoptes meliputi: memonitor aktivitas siswa di komputer, meng-kontrol komputer siswa dari jauh, menyiarkan presentasi komputer guru ke siswa, mengirimkan pesan ke komputer siswa serta mengeksekusi/menjalankan aplikasi di komputer siswa dari jauh. Kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

3. Netop MyVision Free

Tampilan Aplikasi Netop MyVision Free

Netop MyVision Free adalah versi gratis dari Netop MyVision yang dirilis dengan fitur terbatas. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkontrol komputer dengan sistem operasi Windows dan Macintosh. Fitur-fitur yang disematkan dalam aplikasi versi gratisan ini meliputi: mengontrol komputer siswa dari jarak jauh, menyiarkan presentasi guru ke komputer siswa, mengirim pesan ke siswa dan mengontrol penggunaan internet oleh siswa. Kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave A Comment?

Captcha *