Facebook Garap Film Dokumenter Pemanfaatan Platform Belajar Online Kelase di UNM

UNM– Universitas Negeri Makassar sebagai salah satu pengguna platform pembelajaran online Kelase dengan jumlah tertinggi di Indonesia untuk kategori Pendidikan Tinggi mendapatkan kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan Facebook dan Kelase dalam pembuatan film dokumenter mengenai pemanfaatan media belajar online Kelase dalam proses pembelajaran. Kelase merupakan sebuah platform media sosial khusus untuk pendidikan yang launching pada 2014 dimana media ini adalah bentuk sekolah masa depan untuk pelajar/mahasiswa yang tidak saja berbasis internet, tetapi lebih menekankan pada perangkat mobile.

Dalam perbincangan disela-sela pembuatan film dokumenter ini bersama Winastawan Gora salah satu pendiri Kelase mengatakan Kelase dan Facebook memilih UNM dikarenakan UNM merupakan salah satu pengguna Kelase dengan jumlah tertinggi untuk kategori Pendidikan Tinggi.

“Untuk pengambilan gambar di Indonesia segmen perguruan tinggi kami memilih UNM dengan pertimbangan UNM pengguna Kelase terbersar”, ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pembuatan film dokumenter ini akan ditayangkan di seluruh dunia untuk materi-materi yang terkait dengan kegiatan Facebook.

“Jadi, film ini nantinya akan disebar keseluruh dunia untuk penayangan yang terkait dengan Facebook”, tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Riska, S.Pd, M.Pd salah satu dosen Fakultas Teknik yang telah menggunakan media Kelase ini mengungkapkan pemanfaatan media ini sangat menarik karena selain melakukan kegiatan pembelajaran, mahasiswa juga bisa bersosial media.

“Sangat menarik, sebab selain kegiatan pembelajaran mereka juga bisa bersosial media, termasuk video conference dengan pengajar dan sesama mahasiswa pengguna”, ungkap dosen PTIK ini.

Pengambilan gambar ini dilakukan di Laboratorium Komputer Menara Pinisi pada Kamis (12/5) oleh tim Rumah Produksi Docpatch Films San Fransisco USA, Arfan Sabran (produser), Emile Bokaer (sutradara), Michael Dwyer (kameramen), Kevin Crowford (soundman), dan Yaysky (asisten kamera) , sedangkan dari Facebook di wakili oleh Tom Gorman, serta mengikutsertakan 35 mahasiswa PTIK UNM. (Ilda/humas)

Sumber Asli : http://ict.unm.ac.id/facebook-garap-film-dokumenter-pemanfaatan-media-kelase-di-unm.ictunm

Berita Lain : http://makassar.tribunnews.com/2016/05/12/facebook-garap-film-dokumenter-pemanfaatan-media-kelase-di-unm

Winastwan Gora

About The Author

Leave A Comment?

Captcha *