Cara Mendaftar di Kelase dan Mengundang Pengguna Lain

Kelase versi Alpha telah diluncurkan ke publik beberapa waktu lalu dan telah mengalami perbaikan. Versi ini merupakan versi awal dari pengembangan Kelase untuk keperluan ujicoba. Versi ini menyediakan fitur dasar Kelase sebagai jejaring sosial lembaga pendidikan dan lingkungan virtual untuk belajar secara mobile dan online.

Sebenarnya tulisan ini terbit agak telat, karena saya tulis paska pengiriman undangan ujicoba Kelase versi Alpha terkirim kepada lebih dari 100 alamat email. Seharusnya tutorial ini dikirim bersamaan pada saat pengiriman email undangan ujicoba. Tapi tidak apa, daripada tidak sama sekali :). Tulisan ini membahas tentang bagaimana cara terdaftar di Kelase dan mengundang pengguna lainnya (guru, siswa dan orang tua).

Mendaftarkan Diri di Kelase

  1. Agar lembaga Anda terdaftar dan dapat menggunakan layanan Kelase, maka sebagai administrator institusi, Anda wajib melakukan pendaftaran disini, lalu klik tombol Klaim Sekarang! lalu isi semua data isian yang ada.
  2. Setelah semua data pendaftaran terisi dan pendaftar telah menekan tombol Daftar, berikutnya buka kotak masuk email Anda, dan bukalah email yang dikirimkan oleh Kelase, kemudian lakukan Aktivasi Pendaftaran dengan meng-klik link Aktivasi yang ada dalam email tersebut.
  3. Masuk kedalam Kelase menggunakan Nama Pengguna dan Password/Kata Kunci pada form Login.

Mengundang Pengguna Lain untuk Terdaftar dan Masuk Kelase

Setelah Anda (Admin Institusi) terdaftar di Kelase, langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah mengundang pengguna lain (siswa, guru, dll) untuk masuk ke Kelase, dengan cara:

  1. Informasikan Kode Akses Pengguna (berupa 6 digit angka unik) sesuai peran pengguna (dapat diakses di bagian bawah halaman Profil Lembaga/Sekolah lewat menu Sekolah lalu klik Nama Sekolah kemudian scroll ke bagian paling bawah). Untuk siswa gunakan Kode Akses Peserta, untuk guru/kepala sekolah gunakan Kode Akses Guru sedangkan untuk orang tua gunakan Kode Akses Orang Tua.
  2. Berikutnya minta pengguna tersebut melakukan pendaftaran disini lalu klik tombol Punya Kode Akses? Klik Disini! kemudian isi semua data yang diminta, termasuk kode akses pengguna dalam kotak isian yang tersedia dalam form Pendaftaran. Kemudian klik tombol Daftar untuk melanjutkan.
  3. Setelah mengisi form pendaftaran dan melakukan pendaftaran, pengguna harus melakukan aktivasi pendaftaran dengan membuka kotak masuk email, membuka email yang dikirimkan Kelase, dan menekan link Aktivasi pada link yang ada pada email tersebut.
    Masuk kedalam Kelase menggunakan Nama Pengguna dan Password/Kata Kunci pada form Login.
    Mudah bukan? Ayo undang dan ajak guru, siswa dan orang tua untuk menggunakan Kelase. Jika masih menemui kesulitan, silahkan menghubungi saya di alamat email gora[at]edukasi101[dot]com. Dengan senang hati saya akan membantu 🙂 Selamat ber-Mobile Learning dengan Kelase!

1 Comment

Leave A Comment?

Captcha *